Sejarah Singkat

Sejarah Singkat STAI Fatahillah

Drs. H. Misbah Iskandar, MH., MSI. Adalah pencetus dan seorang Pendiri Sekolah Tinggi Agama Islam Fatahillah (STAIF) Serpong Tangerang. Beliau lahir di Bandung pada tahun 1945, putra pasangan dari alm. Bapak H. A. Komaruddin dan alm. Ibu Hj. Siti Maesaroh.

Anak tertua dari delapan bersaudara yang mengenyam pendidikan di Pesantren Salafiyah di Jawa Barat. Setelah menamatkan SD Muslimin di Cilutung Cililin, Kabupaten Bandung pada tahun 1957, kemudian melanjutkan pendidikannya di SMP PGRI pada tahun 1963 dan memasuki PGA empat tahun dan PGA enam tahun 1969. pendidikan Tingginya di dapat dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Gunung Djati Bandung pada tahun 1970 dan mendapat gelar akademiknya pada tahun 1977.

Di tahun 1976, kemudian menuntut ilmu kembali Jurusan Ilmu Hukum di Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Bandung dan mendapat gelar Sarjana Hukum pada tahun 1980, kemudian beliau mencoba mengikuti Ujian Pengacara/Penasihat Hukum di Peradilan Negeri Jawa Barat dan lulus pada tanggal 15 desember 1983 dengan nomor register kelulusan w.8-DA-022-KP-04-13 Th. 1983.

Sebagai seorang Pemuka agama Islam yang rutinitasnya adalah seorang Mubaligh di berbagai daerah baik itu dalam kota maupun luar kota Bandung, beliau juga adalah seorang Ustazd (dosen) yang mengabdikan ilmunya di berbagai Universitas dan Sekolah Tinggi di Bandung, antara lain di IAIN Sunan Gunung Djati, Universitas Winaya Mukti (UNWIM) serta Sekolah Tinggi Agama Islam YAMISA Soreang Bandung.

Disamping sebagai seorang staff pengajar, beliau menjabat sebagai pegawai di lingkungan Kanwil Departemen Agama Jawa Barat sejak 1975. Pada tahun 1987 ikut mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah  (STIS) YAMISA di Bandung beserta beberapa orang sahabatnya yaitu: Drs. H. Bunyamin Alamsyah, SH, Drs. H. Hasanuddin AhmadDrs. H.Yayan Hasuna Hudaya dan Drs. H. Encep Hasan. Kemudian STIS berubah menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) YAMISA, serta dibuka pula satu Fakultas  yaitu Tarbiyah dengan jurusan Pendidkan Agama Islam.

Pada tahun 1992 beliau mengikuti testing sebagai pengawas pendidikan di Kantor Wilayah Departemen Agama Islam Propinsi Jawa Barat yang diharapkan meraih golongan yang lebih tinggi serta menjadi pejabat Eselon. Setelah meraih kelulusan sebagai pengawas Pendidikan Agama Islam tingkat SLTP/SLTA beliau akhirnya mendapatkan SK dari Kantor Departemen Agama Propinsi Jawa Barat dari tahun 1993 menjadi Pengawas Pendais di Kabupaten Tangerang.

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Fatahillah Serpong Tangerang, secara emrional telah dirintis sejak tahun 1994. pada awalnya, atas prakarsa Drs. H.Misbah Iskandar, SH yang kegiatan perkuliahannya berbentuk kelompok belajar (POKJAR) dari YAMISA Bandung yang bertemapat di MTs. Ar-Rohmaniyah Pakulonan Dongkal Desa Paku Alam Kabupaten Tangerang.

Setelah dua tahun, banyak saran dan masukan dari para tokoh masyarakat serta dari para mahasiswa agar tempat perkuliahan dialihkan pada lokasi yang mudah dijangkau oleh alat traanportasi, maka pada tahun 1997, atas kerja sama antara bapak Ustad Marzuki sebagai kepala MTs Serpong, serta bapak H.Muhammad C, S.Ag sebagi kepala MAN Sepong, Maka tempat perkuliahan mengalami perubahan, yang semula bertempat di MT.S Ar-Rohmaniyah, berpindah tempat menjadi di MTs. Serpong sebuah lokasi yang sangat strategis dan mudah dijangkau dari berbagai arah.

STAI Fatahillah Serpong Tangerang diawali dengan berdirinya jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Jurusan Syari’ah, Program Studi Muamalah. Dengan bermodalkan semangat yang tinggi dan perjuangan tanpa kengenal rasa lelah, akhirnya berdasarka Surat Keputusan Mentri Agama Republik Indonesia Dengan Nomor. DJ.II/211/2005, jurusan dimaksud mendapat status terdaftar, yang merupakan dasar hukum bagi berdirinya STAI Fatahillah di kemudian hari.

Pada tahun 2004, STAI Fatahillah telah menambah program studi baru yaitu : S1 Pendidikan Matematika dan S1 Bahasa Inggris, merupakan sebuah tujuan bagi masyarakat untuk memilih program studi di STAI Fatahillah Serpong Tangerang.

Berbasis kenyataan sebagaimana dipaparkan diatas, STAI Fatahillah Serpong Tangerang, dengan dasar kekuatan Riil yang dimiliki berupaya untuk senantiasa untuk berproses ke arah yang lebih baik dalam rangka mewujudkan masyarakat Cendekia Islami.

Untuk menjadikan mahasiswa bisa belajar dan berkarya, menuju masyarakat Cendekia Islami maka diperlukan sarana dan prasarana penunjang, untuk itu, STAI Fatahillah secara serius terus menerus mengusahakan agar mutu lulusannya sesuai dengan visi dan kisi STAI Fatahillah serpong Tangerang dan yang utama bermanfaat bagi Bangsa, Negara, Agama dan Masyarakat.

Unsur penunjang pokok adalah staff pengajar, karenanya sinergi dari keahlian staff pengajar dengan sarana yang ada dan mempunyai korelasi yang sangat penting. Untuk itu STAI Fatahillah Serpong Tangerang bertekad untuk memiliki tenaga pengajar dengan kualifikasi tertentu, agar mahasiswa yang mempercayakan diri serta menimba ilmu di STAI Fatahillah ini meandapat nilai tambah, sehingga bermanfaat bagi kehidupannya.

STAI Fatahillah memiliki tenaga pengajar dengan kualifikasi Doktor (S3), kualifikasi Magister (S2), dan kualifikasi sarjana (S1), suatu klasifikasi yang sudah memenuhi standar perguruan tinggi.

Selain staff yang memenuhi kualifiksi, sarana fisik yang dimiliki STAI Fathillah terus ditingkatkan. Pada saat ini telah dibangun dan siap untuk digunakan ruangan sebanyak 12 lokal berupa gedung dua lantai dari 25 lokal yang direncanakan.